Kamis, 30 Mei 2019
SOLAT KAFAROT
*SHOLAT KAFAROT DALAM PANDANGAN FIQIH*
10 hari terakhir bulan Ramadhan adalah waktu yg sangat mulia utk kita beribadah, sebab disanalah stempel final seorang hamba dalam bulan Ramadhan.
Mungkin kita pernah mendengar tentang sholat Kafarot, sholat yg dilakukan di jumat akhir bulan ramadhan, dengan dalil hadits :
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من فاته صلاة فى عمره ولم يحصها فليقم فى اخر جمعة من رمضان ويصلى اربع ركعات بتشهد واحد يقرا فى كل ركعة فاتحة الكتاب وسورة القدر خمسة عشر مرة وسورة الكوثر كذالك و يقول في النية نويت أصلي أربع ركعات كفارة لما فاتني من الصلاة
“Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa selama hidupnya pernah meninggalkan shalat tetapi tak dapat menghitung jumlahnya, maka shalatlah di hari Jum’at terakhir bulan Ramadhan sebanyak empat rakaat dengan satu kali tasyahud, tiap rakaat membaca satu kali al-Fatihah, kemudian surat al-Qadar 15 kali dan surat al-Kautsar seperti itu juga dan berkata pada niatnya : “aku niatkan shalat empat raka’at sebagai kafarat shalatku yang tertinggal.”
قال ابو بكر سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول هذة الصلاة كفارة اربعمائة سنة حتى قال على كرم الله وجهه هى كفارة الف سنة قالوا يا رسول الله صلى الله عليه وسلم ابن ادم يعيش ستين سنة او مائة سنة فلمن تكون الصلاة الزائدة قال تكون لابويه وزوجته ولاولاده فاقاربه واهل البلد
Abu Bakar berkata, “Saya telah mendengar Rasulullah SAW bersabda shalat tersebut sebagai kafarat shalat 400 tahun. Dan menurut Sayidina Ali bin Abi Thalib shalat tersebut sebagai kafarat 1000 tahun. Maka bertanyalah para sahabat : “Umur manusia itu hanya 60 tahun atau 100 tahun, lalu untuk siapa kelebihannya ?”. Rasulullah SAW menjawab, “Untuk kedua orang tuanya, untuk istrinya, untuk anaknya dan untuk sanak familinya serta orang-orang dinegerinya.”
Menurut ulama fiqih dan ahlul hadits, diantaranya Imam Assyaukani dalam kitab Al Fawa'id Al Majmu'ah fi Al Ahadits Al Maudhu'ah, hadits tersebut tidak ditemukan sumbernya dari kitab-kitab hadits dan tergolong hadits palsu, dan hadits ini sering dijadikan dalil kesunnahan melakukan sholat tsb dg tata cara seperti yg dijelaskan di dalamnya. Otomatis dari segi hukum fiqih, pengamalan hadits ini dinilai bid'ah atau ibadah yg diada-adakan. Dan hadits tersebut hanya ada di dalam kitab "Fafirru Ilalallah" serta tidak ditemukan di dalam kitab hadits shohih lainnya seperti Bukhori dan Muslim.
Adapun yg dilakukan oleh sebagian wali besar Yaman yakni beliau Syeikh Abu Bakar bin salim adalah sholat Baro'ah. Sholat baro'ah adalah sholat qodho yg dilakukan hari Jumat terakhir bulan Ramadhan setelah sholat Jumat dilaksanakan, tata caranya adalah dengan melakukan sholat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya secara langsung dg niat mengqodho sholat2 tersebut. Sholat ini masih banyak perdebatan antar ulama, diantaranya pengarang kitab I'anatut Tholibin, Imam Muhammad bin Muhammad Darwisy Assyafi'i pengarang kitab Asnal Mathalib, dan Imam Ibn Hajar Al Haytami dalam kitab Fatawal Kubro, mereka mengatakan tidak dibenarkan pelaksanaan sholat tersebut.
Namun sholat ini banyak dilakukan oleh para habaib yaman dan sudah menjadi adat mereka, sebab mereka berpegangan dg perkataan Al Habib Husein bin Thohir ketika ditanya oleh ahlil Yaman ttg sholat ini "Kita taslim (pasrah) dg apa yg dilakukan oleh seorang wali". Yang perlu kita ketahui, sholat ini dilakukan para habaib di rumah dg keluarga, dan diniatkan utk mengqodho sholat2 tersebut, bukan mengqodho sholat setahun penuh, dengan niat "Qodho'an". Contoh ketika sholat subuh yg dilakukan di awal "Usholli fardhos Subhi qodho'an".
Catatan penulis :
Syeikh Abu Bakar bin Salim adalah seorang wali yg tidak mungkin meninggalkan sholat, kalaupun meninggalkan sholat mungkin karena lalai dan kemungkinan kecil kelalaian itu datang dari seorang wali. Sedangkan kita bukan seorang wali, meninggalkan sholat mungkin dalam keadaan sengaja, atau lalai namun ingat dan meremehkannya atau tidak tahu bahwa sholat yg ditinggalkan harus diqodho/dibayar. Maka daripada itu jika kita meninggalkan sholat wajib bagi kita utk mengqodhonya, karena itu adalah hutang kita.
Wallahu A'lam bis Showab.
*REFRENSI*
إعانة الطالبين (1/ 270) ( قوله فائدة أما الصلاة المعروفة ليلة الرغائب إلخ ) قال المؤلف في إرشاد العباد ومن البدع المذمومة التي يأثم فاعلها ويجب على ولاة الأمر منع فاعلها صلاة الرغائب اثنتا عشرة ركعة بين العشاءين ليلة أول جمعة من رجب وصلاة ليلة نصف شعبان مائة ركعة وصلاة آخر جمعة من رمضان سبعة عشر ركعة بنية قضاء الصلوات الخمس التي لم يقضها وصلاة يوم عاشوراء أربع ركعات أو أكثر وصلاة الأسبوع أما أحاديثها فموضوعة باطلة ولا تغتر بمن ذكرها
وقد سئل العلامة ابن حجر الهينمي المكي الشافعي عن هذه الصلاة التي كان بعض المصلين يصليها في آخر جمعة من رمضان ويسميها “صلاة البراءة”، هل تصح جماعة أم لا؟
فأجاب بقوله: “أما صلاة البراءة فإن أريد بها ما ينقل عن كثير من أهل اليمن من صلاة المكتوبات الخمس بعد آخر صلاة جمعة من رمضان معتقداً أنها تكفر ما وقع في جملة السنة من تهاون في صلاتها فهي محرمة شديدة التحريم، يجب منعهم منها؛ لأنه يحرم إعادة الصلاة بعد خروج وقتها ولو في جماعة، وكذا فيوقتها بلا جماعة ولا سبب يقتضي ذلك. ومنها أن ذلك صار سبباً لتهاون العامة في أداء الفرائض؛ لاعتقادهم أن اعتقادهم على تلك الكيفية يكفر عنهم ذلك” انتهى. من الفتاوى الفقهية الكبرى، ج: 2/ ص: 325.
ونص في كتابه “تحفة المحتاح في شرح المنهاج، ج: 2/ ص: 457: “وأقبح من ذلك ما اعتيد في بعض البلاد من صلاة الخمس في هذه الجمعة (أي آخر جمعة من رمضان) عقب صلاتها زاعمين أنها تكفر صلوات العام أو العمر المتروكة، وذلك حرام أو كفر لوجوه لا تخفى” انتهى.
وقال الشيخ الشرواني في حاشيته عليها: (قوله: لوجوه إلخ) “منها: اسقاط القضاء وهو مخالف للمذاهب كلها” انتهى كردي.
قال إسماعيل بن محمد العجلوني في كتابه “كشف الخفاء ومزيل الإلباس عما اشتهر من الأحاديث على ألسنة الناس”، ج: 2/ ص: 325:
“من قضى صلاة من الفرائض في آخر جمعة من شهر رمضان كان ذلك جابراً لكل صلاة في عمره إلى سبعين سنة. قال القاري: باطل قطعا؛ً لأنه مناقض للإجماع على أن شيئاً من العبادات لا يقوم مقام فائتة سنوات، ثم لا عبرة بنقل النهاية ولا ببقية شراح الهداية فإنهم ليسوا من المحدثين، ولا أسندوا الحديث إلى أحد المخرجين” انتهى.
وقال محمد بن محمد درويش الشافعي في كتابه أسنى المطالب في أحاديث مختلفة المراتب، ج: 1/ ص: 282:
“حديث من قضى صلاة من الفريضة في آخر جمعة من شهر رمضان كان له ذلك جابراً لكل صلاة فاتتة في عمره إلى سبعين سنة، لا أصل له” انتهى.
وقال الشيخ محمد الشوكاني في كتابه “الفوائد المجموعة في الأحاديث الموضوعة، ج: 1/ ص: 54”:
“حديث من صلى في آخر جمعة من رمضان الخمس الصلوات المفروضة في اليوم والليلة قضت عنه ما أخل به من صلاة سنته، هذا موضوع لا إشكال فيه، ولم أجده في شيء من الكتب التي جمع مصنفوها فيها الأحاديث الموضوعة ولكنه اشتهر عند جماعة من المتفقهة بمدينة صنعاء في عصرنا هذا -أي في النصف الأول من القرن الثالث عشر من الهجرة- وصار كثير منهم يقولون ذلك، ولا أدري من وضعه لهم فقبح الله الكذابين” انتهى.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar